TIPS Memilih Power Supply

TIPS Memilih Power Supply

Komponen power supply kadang hanya dijadikan komponen pelengkap tanpa memperhatikan kegunaan dari PSUitu dengan baik. Padahal jika dilihat dari fungsinya, PSU mempunyai peranan yang sangat vital. Power supply (PSU) dapat disebut sebagai jantungnya komputer. Semua daya dan tenaga yang dibutuhkan oleh semua perangkat komputer disupply atau diberikan oleh perangkat yang namanya power supply ini. Jadi salah menentukan pilihan bisa berakibat komponen didalam komputer tidak bisa awet sesuai dengan keinginan.

Mungkin akan terasa menarik bagi Anda jika mendapati casing dengan harga sekitar Rp. 200.000-Rp. 300.000, termasuk komponen power supply dengan wattage yang besar, misalnya 500 Watt. Namun disinilah bahaya yang siap mengancam komputer Anda, karena dengan harga yang seperti  diatas, bisa dipastikan anda tidak akan memperoleh komponen power supply yang berkualitas. Harga untuk sebuah power supply yang berkualitas baik berkisar antara Rp. 400.000 – Rp. 2 juta. Memang terasa mahal dibandingkan dengan harga casing itu sendiri.

Power supply ibarat sebuah jantung. Komponen lain dalam komputer harus disuplai tenaga oleh jantung yang bagus dan sehat, agar bekerja dengan semestinya. Hal yang paling sering menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen komputer sebagian besar adalah akibat power supply murahan denga kualitas kurang bagus. Karena itu, jangan menganggap enteng kebutuhan akan power supply yang berkualitas baik. Berikut ciri-ciri power supply yang berkualitas dan baik :

  1. Harga Lumayan Mahal.Untuk 350 Watt harga berkisar Rp. 400 ribu, 400 Watt harga berkisar Rp. 450 ribu sampai dengan Rp.500 ribu, sedangkan 500 Watt harga berkisar Rp. 600 ribu sampai dengan Rp. 850 ribuan. Untuk wattage yang lebih besar, harga dipastikan lebih mahal lagi.
  2.  Berat power supply lebih dari power supply biasa.Secara fisik, bobot power supply yang baik lebih berat dari yang biaa saja. Hal ini disebabkan karena power supply yang bagus menggunakan bahan – bahan terpilih,seperti  kabel-kabelnya memiliki serat tembaga yang lebih tebal, kapasitor yang ada didalamnya menggunakan kapasitor yang lebih banyak jumlahnya, dan lilitan kabel pada kumparan-kumparannya pun lebih banyak.
  3.  Memiliki UL Number                                                                                                          UL number adalah  tanda produsen sebuah power supply. Dengan mengetahui identitas produsen atau pabrik power supply tersebut. kita dapat mengetahui apakah kualifikasi produknya telah bersertifikasi internasional.
  4. Dan kemampuan lain yang biasanya berbeda-beda sesuai merk.                    Beberapa merk yang bagus dan sudah kami uji dan  rekomendasikan pada Anda diantaranya power supply dari produsen FSP, Thermaltake, Antec, AcBell, Point Of View, Silverstone, dan Tagan. Sedangkan untuk merk dibawah itu Anda bisa menggunkan merk Venom, DynaPower, Enlight, dan lain sebagainya.

shareSeriale Online Subtitrate

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s